Pada awal tahun 2020 pihak Sony mengumumkan logo yang akan menjadi ikon untuk konsol game seri terbarunya yakni Playstation 5. Tak hanya mengumumkan logo saja, namun pihak Sony juga ikut mengumumkan sederet fitur yang baru yang akan dihadirkan di PS5. Lantas apa saja sih fitur-fitur menarik yang akan dihadirkan pada konsol game seri terbarunya ini?

Teknologi Output Suara 3D

Sejak hadirnya teknologi surround sound berbasis objek seperti DTS X dan Dolby Atmos di dunia film, kini audio imersif juga menjadi salah satu tren yang sedang berkembang. Lantas seperti apa sih jika audio imersif diterjemahkan ke dalam dunia game? Playstation 5 sendiri akan hadir dengan dukungan audio 3D yang siap membawa Anda tenggelam dalam permainan.

Media Penyimpanan SSD Super Cepat

Salah satu hal yang menjadi pembeda pada konsol game Playstation 5 adalah hadirnya media penyimpanan yang super cepat. Bahkan SSD juga dapat dikatakan sebagai kunci generasi selanjutnya yang mampu mengubah dunia game.

SSD super cepat pada Playstation 5 ini mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih cepat. Contohnya Marvel’s Spider-Man pada Playstation 4 Pro dan dev kit untuk Playstation¬† 5.

Pergerakan perjalanan ini setidaknya membutuhkan waktu 15 detik pada Playstation 4 dan hanya 0,8 detik pada Playstation 5. Waktu render yang lebih cepat ini juga memungkinkan Playstation 5 mampu memuat banyak data hanya dalam waktu singkat.

Teknologi Grafis Ray Tracing

Sebenarnya apa sih teknologi grafis ray tracing itu? Teknologi ray tracing sendiri merupakan teknologi rendering modern yang dapat digunakan untuk menciptakan gambar dengan cara menstimulasikan interaksi cahaya dan mendeteksi lajur cahaya dalam gambar dengan objek virtual.

Ray tracing sendiri merupakan teknologi canggih yang mampu membuat game 3D menjadi lebih realistis. Nvidia merupakan salah satu perusahaan yang sekarang tengah mengembangkan teknologi ray tracing. Bahkan menariknya perusahaan yang satu ini dikabarkan juga akan membuat grafis ray tracing untuk PS5.

Didukung 4K Blu-ray dengan Resolusi Ultra HD

Pada generasi terbarunya, produsen konsol game yang satu ini akan memberikan pengalaman baru kepada para penggunanya dengan gambar berkualitas tinggi. Bahkan saat menonton film Anda tentu akan menggunakan resolusi tinggi untuk bisa mendapatkan game yang bagus bukan? Pada game pun juga membutuhkan hal yang serupa.

Didukung Fitur Haptic Feedback dan Adaptive Triggers

Hadirnya fitur haptic feedback dan adaptive triggers tentu akan mampu menambah pengalaman baru saat bermain Playstation 5. Fitur yang satu ini mampu memberikan efek getaran yang jauh lebih beragam dibandingkan dengan teknologi  yang tersemat pada generasi sebelumnya.

Tak hanya itu saja, fitur adaptive triggers juga memiliki fungsi yang dapat memberikan tingkat resistensi yang cukup beragam. Para penggunanya dapat menyesuaikan sendiri dengan menekan tombol controller  saat bermain game yang berbeda.

Mengusung Virtual Reality

Virtual reality merupakan salah satu fitur unggulan yang mampu dibanggakan dari Playstation 5. Meski fitur yang satu ini juga sudah tersemat pada generasi sebelumnya, namun ternyata fitur ini mampu memuaskan para penggunanya.

Fitur virtual reality yang diusung pada Playstation 5 juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari segi teknologi. Teknologi yang diusung pada generasi terbarunya diklaim lebih baik dan mampu memanjakan para penggunanya.

Itulah beberapa fitur menarik yang hadir pada Playstation 5 yang patut untuk diperhitungkan bagi Anda yang ingin membeli konsol game yang satu ini. Jangan lupa untuk pantau terus perkembangan PS5 hanya di blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *