beli tiket Surabaya Jakarta

Masyarakat yang tinggal di Jakarta tentu sudah sering bepergian ke tempat-tempat wisata menarik yang ada di Ibukota. Hal ini tentunya berbeda dengan orang-orang yang tinggal di luar Jakarta tentunya ingin liburan dan mengunjungi banyak tempat menarik yang ada di Jakarta. Memang di Jakarta ada banyak sekali tempat wisata mulai dari tempat hiburan hingga tempat rekreasi. Bahkan bukan hanya itu saja tetapi ada juga tempat wisata yang bersejarah seperti museum.

 

Salah satu tempat wisata bersejarah ada di kawasan Kota Tua yang memiliki nilai sejarah karena terdapat beberapa museum yang masih ada di dalam kawasan tersebut. Museum yang berada di kawasan ini juga sudah dikenal banyak orang bahkan banyak pengunjung mampir ke beberapa museum sambil menikmati keindahan di Kota Tua. Penasaran museum apa saja yang ada di Kota Tua? berikut ini akan dibahas 2 museum yang bisa didatangi oleh masyarakat luar Jakarta ketika liburan di Ibukota.

 

Museum Seni Rupa dan Keramik

 

Bagi yang tertarik dengan seni tentu sangat cocok untuk masuk ke Museum Seni Rupa dan Keramik yang ada di sekitar Kota Tua. Di dalam museum ini terdapat banyak koleksi keramik beserta seni rupa yang khas asal Indonesia sekaligus ada juga yang dari negara lain. Setiap pengunjung juga bisa bergabung ke workshop yang diadakan museum dalam membuat keramik atau juga gerabah yang tentu menambah ilmu dan juga pengalaman yang berbeda.

 

Bagi yang ingin ikut workshop maka harus membayar biaya sebesar 50 ribu rupiah untuk 1 orang. Agar tidak antre terlalu panjang untuk mengikuti workshop maka bisa datang lebih awal karena peminatnya cukup banyak. Sedangkan untuk harga tiket masuk museum hanya 5 ribu untuk orang dewasa, 3 ribu untuk mahasiswa, dan 2 ribu untuk anak sekolah.

 

Museum Bahari

 

Museum lainnya yang bisa dikunjungi selama berada di kawasan Kota Tua selain Museum Seni Rupa dan Keramik adalah Museum Bahari. Jika di Museum Seni Rupa dan Keramik berisi tentang koleksi keramik bersejarah maka di Museum Bahari terdapat banyak benda-benda kelautan yang ada sejak zaman kolonial. Sebelum diresmikan sebagai museum, tempat ini adalah gudang yang dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis rempah-rempah.

 

Setelah Belanda kalah dari Jepang, bangunan ini diganti fungsinya menjadi tempat penyimpanan logistik milik Tentara Jepang. Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan alat navigasi dan juga replika perahu tradisional yang berasal dari berbagai daerah. Untuk bisa masuk ke dalam Museum Bahari maka setiap orang dewasa harus membayar 5 ribu rupiah sedangkan untuk mahasiswa sebesar 3 ribu rupiah dan anak sekolah sebesar 2 ribu rupiah.

 

Kedua museum di atas menawarkan koleksi-koleksi bersejarah yang menarik makanya jangan lupa mampir ke museum-museum yang dekat dari Kota Tua. Tidak sedikit juga masyarakat yang tinggal di provinsi Jawa Timur berlibur ke Jakarta seperti Kota Surabaya, Malang, dan sekitarnya. Dengan naik pesawat dari Surabaya dan sekitarnya ke Jakarta tentu tidak butuh waktu lama. Apalagi sekarang beli tiket Surabaya Jakarta sangat mudah dengan adanya aplikasi Pegipegi. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam membeli tiket apa saja ditambah menawarkan banyak promo, makanya buka aplikasi Pegipegi sekarang untuk pesan tiket yang lebih praktis.