Sejak dulu dan sampai saat ini akupuntur masih cukup terkenal sebagai teknik pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Bahkan, saat ini sudah tersedia banyak akupuntur Jakarta yang bisa menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Apa Itu Akupuntur?

Meskipun terapi akupuntur sudah cukup populer, tapi saat ini masih ada juga beberapa orang yang belum memahaminya. Secara singkatnya akupuntur merupakan metode atau terapi pengobatan tradisional yang cukup tertua dan berasal dari Tiongkok.

Terapi ini sudah ada dan dipraktekkan sejak ribuan tahun yang lalu dan sampai saat ini masih tetap dipertahankan. Keunikan dari teknik akupuntur yaitu pengobatan dilakukan dengan menusukkan jarum berukuran kecil pada titik tertentu.

Sampai saat ini teknik akupuntur sudah mulai diterapkan di cabang ilmu kedokteran dan dikombinasikan dengan keilmuan modern. Bahkan, akupuntur yang sudah beradaptasi ini sering disebut dengan akupunktur medik yang dilakukan oleh dokter spesialis.

Perbedaan Akupunktur Tradisional dan Akupunktur Medik

Dewasa ini sudah tersedia berbagai klinik Akupuntur yang terpercaya dan profesional seperti di Dr. Freddy Julianto, Sp.Ak, MM. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih klinik akupuntur, alangkah baiknya jika terlebih dahulu mengetahui perbedaan antara akupuntur tradisional dan medik.

Secara sederhananya akupuntur tradisional menganggap jika tubuh mempunyai aliran energi atau Qi. Pada umumnya energi tersebut saat tubuh dalam kondisi sehat akan terus mengalir ke sistem organ tubuh tertentu. Jadi, akupuntur tradisional masih memegang erat konsep Qi.

Sedangkan akupunktur medik menerapkan ilmu anatomi dan fisiologi tubuh. Beberapa ilmu tersebut digunakan agar fungsi sel serta sistem organ tertentu seperti otot dan saraf dapat terangsang. Selain itu, akupunktur medik juga merangsang pelepasan zat tertentu.

Akupunktur Mengatasi Berbagai Kondisi Seperti Berikut Ini!

Akupuntur Jakarta yang tersedia saat ini bisa mengatasi berbagai kondisi atau masalah kesehatan. Meskipun sebenarnya terapi ini tidak sepenuhnya dapat mengatasi penyakit tertentu, tapi bisa dikombinasikan dengan penanganan medis.

Berbagai riset kesehatan telah dilakukan dan memberikan bukti jika akupunktur dapat memberikan berbagai manfaat untuk mengatasi penyakit atau kondisi medis tertentu. Lebih jelasnya Berikut ini beberapa kondisi kesehatan yang bisa diatasi dengan akupuntur.

  • Sakit kepala migrain atau tegang.
  • Muntah dan mual yang disebabkan karena morning sickness atau kemoterapi.
  • Nyeri yang terjadi pada bagian lutut, punggung bawah, leher dan pasca operasi.
  • Menopause dan radang sendi.
  • Kelainan saraf yang disebabkan karena carpal tunnel syndrome, neuropati dan saraf terjepit.
  • Kram perut yang disebabkan karena menstruasi.
  • Dan lain-lain.

Setelah mengetahui apa saja kondisi kesehatan yang bisa diatasi dengan akupuntur, kini saatnya memilih akupuntur Jakarta yang profesional. Tujuannya agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.