Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi memberikan panilaian kronologi kecelakaan yang melibatkan Johan Zarco (Avintia Ducati) dengan Franco Morbidelli (Petronas SRT), Minggu (16/8/2020). Drama motor terbang terjadi di seri keempat MotoGP Austria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring. Saat di lap ke 9, Johan Zarco dan Franco Morbidelli saling memperebutkan posisi kedelapan.

Zarco yang berada di depan Morbidelli mencoba menutup racing line dari rider andalan Petronas SRT itu. Namun Morbidelli yang telah memacu kuda besinya dengan kecepatan 300 km/jam tidak bisa menghindari kecelakaan tersebut. Walhasil, insiden tabrakan pun itu terjadi.

Valentino Rossi yang melihat kejadian itu melalui tayangan ulang menceritakan bagaiamana insiden itu terajdi menurut sudut pandangnya. "Aksi yang ditunjukkan oleh Zarco seperti itu bukanlah hal yang pertama kali," tukas Rossi mulai menceritakan, dikutip dari . "Semuanya nampak jelas, Zarco berhasil menyalip posisi Morbidelli dan sebaliknya ia tak ingin posisinya didahului oleh Morbidelli."

"Dia (Zarco) yang tak ingin tersalip oleh Morbidelli mencoba untuk melakukan pengereman (memperlambat motornya) di depan Morbidelli," lanjutnya. "Jadi ia sengaja mengerem guna memperlambat kecepatannya. Namun Morbidelli yang memacu motornya dengan 300km/jam tdiak bisa berbuat banyak dengan kondisi itu, tabrakan pun terjadi." Penjelasan kronologi kejadian veris Rossi pun gamblang, ia menyebut Zarcop secara sengaja menutup racing line dari Morbidelli.

Lebih lanjut ia memberikan peringatan kepada seluruh pembalap yang berkiprah di berbagai kelas MotoGP. Menurutnya, menjadi pebalap yang agresif sama sekali tak ada kesalahan. Namun sikap respek dan menghormati lawan, baik itu kondisi dan keselamatan merupakan hal yang utama.

"Tidak apa apa untuk menjadi agresif, tapi Anda kehilangan rasa hormat untuk rival Anda. Kami memainkan olahraga yang berbahaya. "Anda harus menghormati mereka yang berlomba bersama Anda," jelas rider asal Tavulia, Italia itu. Lebih lanjut, Rossi memang dikabarkan telah meminta Race Direction untuk mengusut insiden yang melibatkan Johan Zarco.

Di mana sebelumnya di seri ketiag, Zarco juga terlibat senggolan dengan Pol Espargaro. Saat itu, Zarco hanya mendapatkan penalti long lap saja. Andrea Dovizioso Ducati Team (GP20)

Joan Mir Suzuki Ecstar (GSX RR) Jack Miller Pramac Ducati (GP20) Brad Binder Red Bull KTM Factory (RC16)

Valentino Rossi Monster Yamaha (YZR M1) Takaaki Nakagami LCR Honda (RC213V) Danilo Petrucci Ducati Team (GP20)

Fabio Quartararo Petronas Yamaha (YZR M1) Iker Lecuona Red Bull KTM Tech3 (RC16) 10 Maverick ViƱales Monster Yamaha (YZR M1)

11 Aleix Espargaro Factory Aprilia Gresini (RS GP) 12 Michele Pirro Ducati Team (GP20) 13 Bradley Smith Factory Aprilia Gresini (RS GP)

14 Alex Marquez Repsol Honda (RC213V) 15 Cal Crutchlow LCR Honda (RC213V) 16 Tito Rabat Reale Avintia Ducati (GP19)

17 Stefan Bradl Repsol Honda (RC213V) DNF Alex Rins Suzuki Ecstar (GSX RR) DNF Pol Espargaro Red Bull KTM Factory (RC16)

DNF Miguel Oliveira Red Bull KTM Tech3 (RC16) DNF Franco Morbidelli Petronas Yamaha (YZR M1) DNF Johann Zarco Reale Avintia Ducati (GP19)

*) DNF = Did Not Finish atau gagal finis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *