halang rintang

Halang rintang adalah sebuah konsep permainan yang bisa dikatakan sangat seru. Tujuannya adalah agar dapat membuat anak menjadi lebih aktif lagi. Mulai dari olahraga, hingga memanfaatkan benda-benda yang ada dirumah. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini.

Ide Permainan Seru Halang Rintang, Ajak Anak Menjadi Lebih Aktif

Halang rintang adalah sebuah ide permainan dimana adanya suatu penghalang yang diletakkan dan nantinya akan dilewatkan peserta. Selain itu, Anda tidak memerlukan penghalang buatan, cukup pakai benda yang ada saja. Berikut beberapa konsepnya.

  1. Adu Cepat dalam Menyusun Gelas

Salah satu ide permainan yang dapat Anda terapkan dirumah dengan sang anak adalah adu cepat dalam menyusun gelas. Selain dikarenakan seru, permainan ini juga bisa dimainkan menggunakan alat yang mudah ditemukan. Alhasil tak perlu membelinya terlebih dahulu.

Terlebih, agar permainan menjadi lebih menarik maka sangat disarankan untuk menggunakan gelas berwarna. Tujuannya adalah supaya si kecil jadi tertarik dan bersemangat selama permainan. Adu cepat menyusun gelas bisa dimainkan lebih dari dua orang.

  1. Halang Rintang Menggunakan Tali

Halang rintang menggunakan tali adalah satu konsep permainan yang juga bisa diterapkan dirumah. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah tali berwarna merah lalu diikat saling melintang. Kemudian mintalah sang anak untuk melewatinya.

Buatlah menjadi beberapa bagian dengan tingkat tantangan yang berbeda-beda. Seperti misalkan ikat melintang lebih tinggi, sehingga anak harus mencari cari untuk melewatinya. Permainan ini dapat melatih motorik serta fisik si kecil.

  1. Eksperimen Menggunakan Sabun

Tak bisa dipungkiri bahwa anak-anak sangat menyukai bermain dengan air. Agar hal tersebut tidak menjadi sia-sia cobalah siasati dengan membuat sebuah permainan yaitu eksperimen membggunakan sabun. Terlebih, si kecil begitu suka akan gelembung sabun.

Untuk bisa membuat gelembung sabun, Anda tak perlu menyiapkan bahan-bahan tertentu. Campurkan saja sabun dengan air secukupnya atau sesuai takaran. Kemudian aduk dan kocok sampai tercampur rata. Lalu, gelembung pun siap ditiupkan.

  1. Jalan Mengapit Balon Berpasangan

Manfaat utama dalam permainan ini selain untuk mengasah motorik anak adalah membangun kerjasama. Tentu hal ini sangat dibutuhkan pada saat mereka dewasa nantinya sehingga secara alami akan tumbuh rasa empati serta tidak menganggap dirinya paling mampu.

Kesadaran demikian memang penting untuk ditumbuhkan sejak dini agar mendapatkan berbagai manfaat baiknya dikemudian hari. bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, cukup balon dan beberapa perlengkapan untuk halang rintang.

  1. Bermain Halang Rintang Pada Media Lunak

Permainan satu ini sangat disarankan untuk anak yang baru berlatih berjalan agar lebih semangat sehingga cepat lancar. Sebelumnya persiapkan perlengkapan seperti selimut, mainan lunak, dan karpet dengan ukuran cukup luas untuk mengurangi efek rasa sakit.

Caranya yakni sebar beberapa mainan luna di area yang akan buah hati Anda lewati. Beri semangat agar tetap terpacu dan terus merangkak maju misalnya saja dengan membuatnya tersebut atau lainnya. berikut penjelasan lengkapnya:

  • Letakkan balita dalam posisi berdiri di salah satu sisi karpet.
  • Anda bisa mengambil posisi di belakang atau depannya.
  • Tirukan suara deru mobil atau kereta api untuk membuatnya lebih semangat.
  • Jika tampak lelah, beri waktu untuk istirahat sejenak.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa ide permainan seru halang rintang agar anak menjadi lebih aktif bergerak. Manfaat dari permainan tersebut adalah guna mengasah motorik serta fisik si kecil. Selain itu, jalan alternatif guna menghalangi rasa stress selama di rumah.